Rabu, 11 Januari 2012

Persian Kenari

Pepatah mengatakan bahwa semakin kita mempelajari sesuatu, kita akan merasa semakin bodoh. Dari berselancar di web ini, saya tertantang untuk mempelajari lebih lanjut segala sesuatu tentang burung kenari. Pada pertama kali saya berpikir bahwa tolok ukur burung kenari adalah negara-negara Eropa dimana mereka adalah cikal bakal peternak dan pencetak burung kenari. Dengan pengetahuan dan kreatifitas mereka berhasil mengembang-biakkan dan mencetak jenis baru. Seiring perkembangan jaman, burung kenari menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Adalah peternak Amerika Serikat yang juga berhasil mencetak kenari penyanyi baru yang diberi nama American Singer Canary dan di jenis kenari postur mereka juga berhasil mencetak Columbus Fancy Canary.
Saya mengira jenis kenari lamban berkembang, ternyata jenis kenari baru selalu ditemukan dan hal ini adalah angin segar bagi dunia kenari. Tidak kalah dengan peternak kenari dari dunia Barat, peternak di negara Iran telah eksis mencetak jenis kenari baru. Mereka menemukan dua jenis yakni kenari postur dinamakan Rasmi Canary dan kenari penyanyi yang dinamakan Persian Singer Canary!!! Kedua jenis kenari ini akan saya tulis seperti di bawah ini…
PERSIAN RASMI
Hobiis kenari di Iran memelihara berbagai jenis kenari, lebih lanjut lagi mereka berternak kenari hybrid atau jenis baru yang mereka ciptakan, yakni Rasmi. Seluruh peternak dianggap sebagai ‘penemu’ jenis ini. Hal ini membuat jenis ini semakin popular di seluruh peternak kenari di Iran. Persian Rasmi adalah hasil persilangan antara kenari jenis Yorkshire dan Giboso. Setiap peternak mencoba untuk membuat standar atau pakem yang selalu berkembang selama penelitiannya, kemudian hal ini diperlukan untuk menyediakan informasi yang dapat ditukarkan ke sesama peternak.
Sebagai gambaran induk Persian Rasmi, dibawah adalah foto kenari jenis Yorkshire:
yorkshire1
dan ini adalah kenari jenis Giboso yang dikawin-silangkan dengan Yorkshire:
giboso
Rasmi diklasifikasikan menjadi tiga kelas: kelas A, kelas B dan kelas C. Kelas A adalah kenari yang dipelihara oleh peternak kenari profesional. Kelas B adalah kenari yang dipeihara oleh peternak semi profesional. Kelas C adalah kenari yang dipelihara oleh amatir. Kenari kelas A bernilai mahal dan peternak profesional mencoba untuk mempromosikan standar kenari ini menuju tingkat yang ideal dan tentunya penelitian ini memakan waktu 5 sampai 6 tahun. Standar ideal kenari jenis Rasmi ini belum didaftarkan atau tertulis hitam di atas putih karena karakteristiknya yang khas dan kompleks, untuk itu masalah ini selalu didiskusikan oleh peternak di setiap adanya kontes.

| Free Bussines? |

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates