Rabu, 11 Januari 2012

Rusia Kenari

russian canry
oleh: Igor Linchuk, Peternak dan Juri Senior Kenari Rusia
diterjemahkan oleh: Kian Sing
SEJARAH
Sejarah Kenari Rusia telah dimulai sejak 3 abad yang lalu. Hal yang sangat tidak menguntungkan bahwa Kenari Rusia hampir tidak dikenal di dunia walau hobiis jenis ini mengklaim bahwa jenis kenari ini mempunyai modulasi terbaik dengan lagu yang diadaptasi dari burung-burung terbaik asli Rusia.
Kenari ini pertama kali berasal dari kota Tyrol di Jerman pada abad ke-18, hobiis kenari di Rusia jatuh cinta karena variasi lagunya. Sebelumnya mereka memelihara burung liar goldfinch, siskin, woodlark, tit, bunting (baca: banting), linnet, warbler dan lain-lain bersamaan dengan mereka memelihara kenari dari Tyrol. Dengan rasa gembira, hobiis kenari menemukan bahwa kenari jantan dapat menirukan nyanyian burung-burung liar yang secara tidak sengaja dimilikinya. Orang Rusia menyenangi kenari Tyrol karena kenari ini dapat menirukan burung lainnya dengan mudah. Sebagai hasil dari kepandaian menirukan dan mudahnya perawatan, kenari menjadi sangat popular di sana. Pada waktu itu, kenari Tyrol mempunyai volume suara yang keras. Para peternak di sana mulai memilih dan menentukan jenis kenari yang mempunyai volume merdu dan pandai melantunkan lagu, jadi volume tidaklah keras. Mereka memilih pejantan yang bernyanyi merdu, dengan lagu yang lembut dan menggunakan beberapa metode untuk melatih kenari tersebut. Hasil dari observasi, peternak membuat keputusan bahwa kenari dapat menirukan nge-roll-nya burung bunting adalah yang terbaik. Hal yang mengejutkan ternyata kenari ini menunjukkan kemampuan untuk menirukan burung atau jenis lagu yang lain. Sedikit demi sedikit para hobiis tidak hanya menyukai lagu burung bunting, tetapi juga lagu burung tit, woodlark dan sandpiper. Kerap kali jenis kenari ini disebut sebagai penyanyi hutan karena kemampuannya menyanyikan lagu burung liar. Kemudian karena kepandaiannya menirukan lagu burung bunting dan bernyanti dengan paruh terbuka, jenis kenari ini juga dikenal sebagai kenari lagu burung bunting. Lagu burung bunting berhasil diadaptasi jenis kenari ini pada abad ke -19, mulai dari sini orang Rusia mendidik dengan menggunakan fluts, organ dan alat lain. Pada permulaan abad ke-20, diadakan kontes jenis kenari ini di Moscow. Pada waktu itu kenari yang sering menjadi juara berasal dari kota Pavlovo-on-Oka, Nizhniy Novgorod dan St. Petersburg.
PERAWATAN
Burung kenari sangat mudah dirawat dan membutukan ruang yang tidak besar untuk membuat mereka tetap aktif dan sehat. Seekor kenari sangat tergantung dari cara pemilik merawat dan dapat hidup antara sepuluh sampai empatbelas tahun, jika dirawat dengan baik dan benar. Cara merawat kenari ala orang Rusia akan ditulis di bawah ini dan kenari akan hidup sehat, aktif dan berproduksi bila pemilik memberikan pakan berkomposisi benar, merawat dengan benar untuk menghindari penyakit, cukup ruang untuk terbang dan beraktifitas dan dipelihara di ruang yang aman dan bercahaya.
PAKAN
Kenari secara ekstrim mudah untuk makan, kenari membutuhkan pakan yang seimbang antara protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Bijian adalah pakan pokok bagi kenari. Hari ini banyak produsen pakan kenari yang menghasilkan pakan bijian siap pakai. Campuran bijian ini biasanya memakai canary seed, biji sawi, hemp seed (biji rami, di sini sering disebut fumayin), niger seed dan flex seed (di sini sering disebut lin seed, dari bahasa belanda: lijn zaad). Penulis setuju bahwa pakan ini adalah baik tetapi dia membuat campuran bijian sendiri dengan perbandingan: 35% biji sawi, 35% canary seed, 10% haver (biji gandum), 10% millet putih, 5% flax seed dan 5% niger seed, campuran ini diberikan setiap hari sebanyak 1 sendok teh.
Seperti pada burung peliharaan lain, burung kenari membutuhkan lebih daripada campuran bijian ini saja. Sayur hijauan (daun selada, bayam dan brokoli), wortel dan buah (apel, buah pear atau strawberry) diberikan sebagai tambahan setiap hari dan sekali seminggu diberikan telur yang telah dicampur dengan tepung roti dan hemp seed.
Tambahan protein sangat diperlukan selama musim kawin, pada musim ini perlu ditambah sejumlah canary seed dalam pakan bijian. Kecambah dari bijian juga diberikan sebagai tambahan protein dan enerji di waktu menjodohkan burung. Grit harus disediakan sepanjang waktu. … (soal kecambah dan cara membuatnya akan saya tulis belakangan)
Air minum harus tersedia kapan saja dan diganti setiap harinya. Jika seekor kenari hidup tanpa air lebih dari enambelas jam kemungkinan besar nyawanya tidak akan tertolong lagi. Air minum seyogyanya diberikan dari air yang bersih atau bermineral.
SANGKAR
Burung kenari harus dipelihara dalam sangkar yang cukup besar untuk keterbatasan mereka terbang dan paling tidak mempunyai dua tangkringan. Sangkar kenari yang ideal untuk harian minimal berukuran panjang 40 cm, lebar 202cm dan tinggi 25 cm. Sangkar berbentuk kotak sangat dianjurkan karena sangkar ini memberikan ruang terbang yang lebih luas, sangkar berbentuk bulat sangat tidak ideal. Tangkringan dapat dibuat dari berbagai macam bahan tetapi yang dianjurkan adalah dari kayu yang lunak. Kenari betina, kenari ngurak dan anakan harus dipelihara dalam sangkar umbaran (voliere), terutama bagi anakan harus dipelihara sampai selesainya ganti bulu muda. Sangkar umbaran dianjurkan minimal berukuran 100 x 45 x 50 cm.
KESEHATAN DAN KEBERSIHAN
Sangkar harus tetap bersih, membersihkan sangkar dan tangkringan dianjurkan setiap seminggu sekali. Hal lain yang penting adalah pakan dan minum harus bersih setiap saat, juga selalu memberikan tempat mandi. Perlu diingat bahwa tempat mandi dan air minum harus diawasi agar tetap bersih.
LINGKUNGAN
Tempatkan sangkar di daerah yang terang atau banyak cahaya. Kenari sensitive terhadap gas dan racun lainnya. Berhati-hatilah dengan pengharum udara, pewangi, parfum dan bahan lain yang mudah menguap. Dapur bukanlah tempat yang tepat untuk memelihara kenari.
BERTERNAK
Banyak peternak membuat kesalahan dengan berpikir bahwa berternak kenari adalah hal yang mudah. Mereka berpikir “Anda hanya membutuhkan seekor kenari jantan dan betina, mencampurnya dalam sebuah sangkar dengan sebuah sarang dan biarkan alam yang akan mengatur.” Berternak kenari yang keesokan harinya akan mampunyai lagu yang indah bukannya hal yang dipengaruhi oleh rejeki. Hal yang terpenting agar sukses berternak adalah factor genetik.
WARISAN GENETIKA
Warisan genetika adalah faktor utama dalam berternak kenari bila akan berusaha mendapatkan kenari penyanyi yang istimewa. Kenari mewariskan kesehatan, bentuk tubuh dan warna, tetapi juga kepandaian mendengarkan, daya ingat yang bagus dan kemampuan untuk mengambil variasi lagu yang sulit tanpa adanya variasi lagu yang jelek. Jika peternak melakukan ternaknya dengan memikirkan hal ini, maka dia akan memperoleh sebuah hasil yang memuaskan.
Adalah hal yang mudah untuk memilih pejantan untuk diternakkan. Pengalaman dan perasaan peternak membantu untuk memilih seekor pejantan yang baik. Postur dan warna yang bagus dapat dilihat dengan mata, sebuah lagu dengan volume yang merdu dapat didengarkan oleh telinga.
Masalahnya adalah kekurangtahuan peternak tentang asal usul induk betinanya. Syarat terpenting dalam berternak terletak pada induk betina. Induk betina harus dipilih extra hati-hati karena anakannya akan membawa sifat ibu dan, alangkah pentingnya, kepandaian bernyanyi. Sehingga janganlah heran, kepandaian bernyanyi ternyata adalah warisan dari induk betinanya secara genetik. Untuk itu, bagi peternak yang berpengalaman, mengapa para peternak tidak akan memakai induk betina yang tidak diketahui asal usulnya.
Jadi, kunci sukses berternak adalah tergantung pengetahuan kita mengetahui secara mendalam tentang kenari yang kita pakai untuk berternak. Bagi peternak yang berternak secara serius wajib mempunyai catatan dari kenari yang mereka miliki.
MEMPERSIAPKAN KENARI PRA-TERNAK
Di negara yang mempunyai empat musim yang terletak di belahan bumi sebelah utara, para peternak yang baik akan mulai mempersiapkan kenarinya untuk diternakkan pada pertengahan bulan Desember (setelah kontes burung tingkat nasional) dan menjodohkan bila dalam kondisi prima. Waktu itu penambahan extra fooding diperlukan agar kenari masuk dalam kondisi siap kawin, selain itu juga diperlukan untuk menambah panjang siang atau memasang lampu sampai 14 – 16 jam per hari.
MENJODOHKAN
Kenari jantan harus memiliki postur yang baik dan bernyanyi. Kenari jantan, yang bernyanyi tidak panjang atau jarang bernyanyi, termasuk kenari yang tidak siap dijodohkan. Sangat mudah untuk mengecek betina yang siap dikawinkan. Kelakuannya hampir menyerupai sang jantan, mereka akan terlihat sibuk dan sering melakukan panggilan kepada kenari jantan. Jika peternak memberikan bahan sarang dalam sangkar, kenari betina akan mengambil bahan tersebut dengan paruhnya dan akan mencoba membuat sarang. Jika kenari betina terlihat tidak membuat sarang, kenari ini jangan dijodohkan. Satu cara yang mudah untuk membedakan kenari betina yang siap kawin adalah melihat perutnya, bila tidak ada bulu berarti kenari ini siap kawin.
Jika peternak sudah memutuskan pasangan yang akan diternakkan, tempatkan pasangan kenari tersebut dalam sebuah sangkar ternak yang telah dilengkapi dengan tempat dan bahan sarang. Sering kali kita melihat kenari jantan dan betina berkelahi dan bila berlanjut kea rah yang negative pasangan ini perlu dipisah lagi. Ketika kenari telah jodoh, kenari jantan dapat dipisah dan dimasukkan ke sangkarnya semula. Setelah itu peternak harus mencampurkan mereka kembali selama 15-20 menit dua kali sehari sampai kenari betina bertelur dua. Tidak ada alasan yang tepat untuk membiarkan kenari jantan dan betina dalam satu sangkar untuk jangka waktu yang lama. Menyendirikan sang jantan akan membuatnya dalam kondisi prima siap kawin.
Lima sampai tujuh hari setelah sarang dibuat, kenari betina akan bertelur dengan rata-rata dua sampai enam butir. Rata-rata telur kenari betina yang sehat sebanyak 4 butir dan akan mulai mengeram pada telur keempat, tetapi beberapa betina akan mengerami pada telur yang pertama. Untuk itu mengapa peternak di sana selalu mengambil telur dan mengganti dengan telur palsu atau telur kosong (cukup satu butir) dan menyimpan telur yang asli di pasir dengan suhu sekitar 20 derajad Celcius, dan kembalikan telur ke sarang bila betina telah selesai bertelur. Hasil yang didapat dari prosedur ini telur akan menetas bersamaan.
Setelah dierami selama 2 minggu telur akan menetas. Ketika telur menetas, sang induk betina mulai menyuapi anakannya. Telur rebus matang yang segar harus disediakan selama masa penyuapan, seminggu setelahnya peternak dapat menambahkan wortel, apel atau sayuran hijau.
2 minggu setelah menetas, anakan akan mulai tumbuh bulu. Pada hari ke-17 sampai 20, anakan mulai meninggalkan sarang. Dalam jangka waktu beberapa hari sesudahnya, mereka mulai belajar makan sendiri. Ketika sudah terlihat anakan bisa makan sendiri, anakan ini bisa disapih ke sangkar yang lain agar induk betina siap untuk dijodohkan kembali. Agar lebih aman, tempatkan sarang kedua, beserta bahannya, ke dalam sangkar ternak ketika anakan berusia 15-17 hari. Induk betina akan membuat sarang dan siap bertelur lagi sekitar 21-23 hari. Berikan makanan kepada anakan sama seperti ketika induk betina menyuapinya. Jangan berikan pakan bijian normal kepada anakan sampai mereka berusia 6 minggu.
Beri batasan kepada induk betina untuk bertelur tidak lebih dari 3 periode terus menerus untuk menjaga mereka dalam kondisi puncak.
LAGU
Kenari Rusia dikembangbiakkan untuk nyanyiannya. Lagunya terdiri dari 10-15 variasi nada tinggi dan dinyanyikan dalam 45-60 detik. Variasi lagu Rusia yang diadaptasi dari burung liar asli Rusia, sering dinamai dengan nama burung liar itu sendiri atau nama yang mirip dengan variasi lagu yang dibawakan.
Nilai berikut ini dan lembar penilaian telah diterjemahkan dalam bahasa Inggris tetapi tetap ditulis juga dalam bahasa Rusia untuk menghindari pembiasan penerjemahan, seperti yang tertulis pada lembar penilaian resmi pada kontes di Rusia.

| Free Bussines? |

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates